Asma
Photo by Phinterest

6 Macam Alat Bantu Nafas Bagi Penderita Asma

Posted on

Koran Kesehatan – Alat bantu asma dibutuhkan khususnya bagi para penderita asma. Hal ini karena penderita asma memiliki sistem pernafasan yang sangat sensitif akibatnya penderita sewaktu-waktu bisa mengalami serangan dan mengalami sesak napas. Ada beberapa faktor diketahui dapat menyebabkan kambuhnya asma. yaitu karena :

  • terjadinya infeksi pernapasan
  • terkena paparan debu
  • mencium aroma atau bau yang terlalu menyengat
  • mengalami kelelahan berlebih,
  • Stress
  • emosi berlebihan

Saat kambuh saluran pernafasan akan menyempit, menghirup oksigen masuk ke paru-paru juga terasa sangat sulit. Kondisi inilah yang menyebabkan penderita asma mengalami sesak napas (susah nafas).Jika serangan asma memang benar terjadi, maka ada dua hal yang mesti segera dilakukan.yaitu sebagai berikut:

  • segera jauhi penyebab serangan
  • segera gunakan alat bantu pernapasan.

Alat bantu pernapasan mungkin tidak bisa menyembuhkan penyakit asma . Sampai detik ini pun belum ada obat pasti untuk menyembuhkan asma. Obat yang dirujuk oleh dokter diberikan hanya untuk mencegah penyakit asma.

Demikian pula dengan alat bantu pernapasan dibutuhkan untuk memaksimalkan oksigen yang masuk karena seringkali saat mengalami serangan penderita merasa sesak dan terdengar suara mirip tercekat. Oleh karenanya alat bantu bagi penderita asma bisa menjadi alternatif terbaik pada saat asma kambuh.

Jenis-jenis alat bantu asma

Alat Bantu Asma
Photo by Pinterest

Ada beberapa jenis alat bantu bagi penderita asma . Sebaiknya,Anda memastikan efektiftasnya dan jangan lupa melakukan konsultasi dengan dokter,karena banyak sekali jenis alat bantu pernafasan. Berikut beberapa macam alat bantu asma yaitu:

Inhaler

Alat bantu bagi penderita asma yang pertama adalah inhaler. Alat ini memiliki kandungan albuterol. Fungsi dari kandungan albuterol tidak lain yaitu untuk merangsang reseptor supaya memberi efek relaksasi yang pada akhirnya dapat merenggangkan otot di area pernapasan dan mencegah terjadinya penyempitan.

Efek relaksasi inilah yang akan membantu penderita asma bernapas lega kembali. Ada beberapa jenis inhaler yang bisa digunakan. Adapun dalam penggunaan inhaler diperlukan rujukan dari dokter. Hal ini karena dosis yang dibutuhkan setiap penderita asma cukup berbeda.

Suction Pump

Suction pump merupakan alat bantu asma yang didesain khusus dan memiliki katup. Katup pada suction pump berfungsi sebagai penyedot dahak sehingga alat ini mampu membantu mengeluarkan dahak yang menyumpat saluran pernapasan penderita asma.

Dengan menggunakan alat bantu ini penderita asma bisa bernapas lega kembali secara normal. Selain itu, suction pump sering juga terdapat di ruang operasi dan digunakan untuk menyedot darah pasien.

Nebulizer

Alat bantu asma yang dapat dimanfaatkan penderita asma selanjutnya yaitu nebulizer. Nebulizer merupakan alat bantu yang dapat mengubah obat menjadi bentuk uap aerosol yang akan dihisap penderita lewat masker khusus.

Tujuannya tidak lain supaya dapat meredakan penyebab terjadinya serangan asma. Karena uap aerosol tersebut mampu mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan, sehingga bisa lebih mudah dikeluarkan. Alat bantu pernapasan yang satu ini pun cukup efektif karena langsung mengatasi penyebab serangan asma.

Suntikan Anti Alergi

Suntikan anti alergi ini diberikan kepada penderita asma yang kerap mendapati serangan asma. Cara ini sebetulnya merupakan pemberian obat melalui suntikan ke dalam tubuh penderita. Suntikan diberikan dengan tujuan mencegah terjadinya serangan. Suntikan bisa diberikan untuk beberapa bulan yang khasiatnya dapat meminimalisir penyempitan di saluran pernapasan.

Masker

Masker merupakan bentuk dari alat bantu yang paling sederhana yang paling mudah ditemukan di sejumlah toko serba ada. Penggunaan masker dapat mencegah kontak langsung penderita asma dengan beberapa faktor risiko penyebab terjadinya serangan asma. Alat ini pun baik digunakan sebelum terjadinya serangan.

Terapi Oksigen

Terapi oksigen dapat dilakukan dengan bantuan alat khusus. Adapun alat khusus yang dimaksud diantaranya bisa berupa tabung oksigen dan masker. Alat bantu asma ini memang tidak bisa menyembuhkan penyakit asma yang diderita, tetapi hanya dapat meredakan dampak dari serangan yang terjadi.

Demikian 6 Macam Alat Bantu Nafas Bagi Penderita Asma. Bila memang sejumlah alat bantu di atas belum dapat membantu meredakan serangan asma yang dialami penderita, maka langkah sigap yang harus ditempuh selanjutnya adalah rawat inap di rumah sakit yang sudah memiliki fasilitas pendukung penanganan asma. Semoga bermanfaat bagi Anda. untuk selalu menjauhi faktor risiko penyebab terjadinya serangan serta upayakan beli alat bantu asma yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *