Cara Kerja Termometer Bimetal

Ketahuilah Fungsi dan Prinsip Kerja Termometer Bimetal

Posted on

Fungsi dan Prinsip Kerja Termometer Bimetal

Termometer Bimetal – Anda belum tau kan apa pengertian termometer bimetal dan cara kerja termometer bimetal. Termometer dimetal adalah sebuah termometer yang di buat dari 2 buah kepingan logam yang tidak memiliki koefisien mulai berbeda yang menjadi satu. Contohnya termometer bimetal dibuat dari sebuah tembaga dan besi sebelu dipanskan, termometer bimetal akan melengkung mengarah ke logam dan nilai koefisien memuai atau lambat memuai .Nah itu yang di maksud termometer bimetal. Sekarang saya akan menjelaskan cara kerja termometer bimetal.

Fungsi Termometer Bimetal

Fungsi Termometer Bimetal

Perlu kamu ketahui termometer bimetal ini fungsinya untuk mengukur suhu dalam suatu ruangan dengan benda yang terbuat dari logam. Fungsi termometer zat cair untuk mengukur suhu air yang dinggunakan dengan pipa kapiler sebagai pengukur suhu tersebut. Yang jelasnya sih untuk menngetaui perubahan pada suhu.

Cara Kerja Termometer Bimetal

Cara Kerja Termometer Bimetal

Jika suhu naik ujung yang lain dari bimetal (B) akan membengkok kearah lapisan logam dengan koefisein muai (pengembangan) lebih kesil. Pada ujung 2 terdapat titik atas yang berguna untuk mengangkat terminal bebas (3) dari sekaklar listrik yang pada suhu normal terhubung dengan terminal (4) sekaklar yang dapat mengatur “kelekatannya” terhadap terminal 3 (Biasanya dengan sebuah baut pengatur yang dihubungkan dengan knop/piringan yang diberi skala pengatur).

Pada suhu tertentu ujung B akan mengangkat terminal D sehingga skaklar terbuka dan menyebabkan aliran listrik pada pemanas terputus. Untuk menghindari timbulnya bunga api dan agar terminal skaklar tak mudah hangus/terbakar, terminal skaklar harus dibuat dari logam yang tak mudah teroksidasi dan tahan panas (sejenis platina) dan ada mekanik yang mengatur agar skalkar terbuka secara mendadak/kejut (tak berangsur).

Termostat pada kulkas dad AC banyak yang menggunakan tabung udara dan lempeng logam anti karat yang lebih peka terhadap perubahan suhu, bahkan kini banyak yang menggunakan dioda serta perangkat skaklar elektronik. Dioda yang sangat kecil ini ditempelkan pada bagian pendinginan, atau bagian expanser.

Begitulah artikel saya mengenai Fungsi dan Prinsip Keja Termometer Bimetal semoga gampang di pahami oleh anda dan jangan malas membaca ya karna membaca adalah hal yang positive dan banyak keuntungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *